12 Lembaga Target Reformasi Birokrasi 2010

Reformasi ini diterapkan sebagai upaya perbaikan institusi dalam hal pelayanan publik.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pada 2010 pemerintah mentargetkan akan melakukan reformasi birokrasi di 12 Kementerian/Lembaga (KL). Selanjutnya, pada 2011, reformasi birokrasi sudah bisa tuntas diterapkan di seluruh Kementerian/Lembaga.

Ke-12 lembaga itu adalah Kejaksaan Agung, Departemen Pertahanan, Departemen Hukum dan HAM, Kantor Menko Perekonomian, Kantor Menko Kesra, Kantor Menko Polhukam, Kantor Meneg PAN, Kantor Meneg PPN/Bappenas, Kepolisian Negara RI, Lembaga Administrasi Negara, BKN dan BPKP.

Menurut Sri Mulyani, reformasi ini diterapkan sebagai upaya perbaikan institusi dalam hal pelayanan publik. “Dengan reformasi atau tata kelola yang baik, maka kualitas pelayanan semakin baik sehingga masyarakat mendapat kepastian,” katanya.

Reformasi meliputi penataan remunerasi dan jaminan kesehatan bagi pejabat negara. Tahapan reformasi yang dilakukan meliputi bagaimana optimalisasi tugas dan fungsi instansi, perbaikan proses bisnis, peningkatan manajemen SDM dan perbaikan struktur remunerasi.

Selain menerapkan reformasi birokrasi dalam kebijakan belanja pegawai, pada 2010 pemerintah juga tetap memberlakukan pemberian gaji ke 13 dan pensiun. Kenaikan gaji pokok dan pensiun pokok ini sebesar 5 persen.

“Pemerintah juga menaikkan uang makan TNI/Polri dari Rp 35 ribu per hari menjadi Rp Rp 40 ribu per hari dan menaikkan uang makan PNS pusat dari Rp 15 ribu per hari kerja menjadi Rp 20 ribu per hari kerja,” katanya.

From : vivanews.com

About these ads

~ oleh panahanti86 pada 3 Agustus 2009.

Satu Tanggapan to “12 Lembaga Target Reformasi Birokrasi 2010”

  1. “Reformasi meliputi penataan remunerasi dan jaminan kesehatan bagi pejabat negara. Tahapan reformasi yang dilakukan meliputi bagaimana optimalisasi tugas dan fungsi instansi, perbaikan proses bisnis, peningkatan manajemen SDM dan perbaikan struktur remunerasi.”

    Reformasi birokrasi tidak meliputi remunerasi melainkan reformasi terhadap organisasi,proses bisnis dan sumber daya manusia. remunerasi hanya merupakan bagian dari penataan kesejahteraan dan pemberian apresiasi pemerintah atas terlaksananya birokrasi dan merupakan stimulus pemerintah utk dapat mensukseskan reformasi birokrasi dan itu bukan merupakan the point of reformasi birokrasi.
    Penataan organisasi meliputi modernisasi dan pemisahan, penggabungan, serta penajaman fungsi. Perbaikan proses bisnis meliputi analisa dan evaluasi jabatan, analisa beban kerja, dan penyusunan standard operating procedure(SOP). Sementara peningkatan manjemen SDM meliputi penyelenggaraan pendidikan dan latihan berbasis kompetensi, pembangunan assessment center, penyusunan pola mutasi, peningkatan disiplin dan pengintegrasian Sistem Informasi Manajemen Pegawai

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: