Anggaran Reformasi Birokrasi Belum Cukup

Pemerintah sudah menargetkan jika mulai 2010 akan ada tambahan reformasi birokrasi.

Selasa, 12 Mei 2009, 12:37 WIB

(Vivanews)

VIVAnews – Pemerintah mengakui belum memiliki anggaran yang cukup untuk meningatkan gaji pegawai negeri terkait kepentingan reformasi birokrasi.

Menurut Kepala Bappenas, Paskah Suzetta, Departemen Keuangan telah menghitung berapa persen anggaran ini dan pengucurannya akan dilakukan secara bertahap. Paskah mengingatkan anggaran untuk reformasi birokrasi termasuk tinggi, khususnya untuk peningkatan gaji pegawai.

“Departemen Keuangan tidak bisa memberikan sekaligus, karena kita ada 70 Kementerian/Lembaga yang jumlah pegawainya cukup banyak, jadi sangat tinggi biayanya,” kata Paskah dalam rapat Pleno Musrenbangnas, Selasa 12 Mei 2009.

Memang dari 70 Kementerian/Lembaga tidak semuanya mengajukan reformasi birokrasi. Ini terkait kesiapan masing-masing lembaga. Tapi pemerintah sudah menargetkan jika mulai 2010 akan ada tambahan reformasi birokrasi untuk departemen tertentu. “Selain itu reformasi juga diharapkan bisa dimulai dari sektor masing-masing,” katanya.

Reformasi memang tidak bisa dilakukan sekaligus pada 2010. Badan Pemeriksa Keuangan dan Mahkamah Agung yang saat ini sudah menerapkan reformasi birokrasi pun belum sepenuhnya 100 persen.

“Anggaran pemerintah terbatas untuk remunerasi, misal dalam jumlah PNS dan TNI Polri di Jakarta saja ada 1,7 juta pegawai, setiap tahun untuk pensiun dan gaji butuh dana hampir Rp 90 triliun,” kata Paskah.

Jumlah tersebut belum menghitung PNS di luar Jakarta yang jumlahnya mencapai 3 juta. “Jadi kalau remunerasi dengan base line remunerasi sekaligus, kita tidak akan mampu,” katanya.

~ oleh panahanti86 pada 3 Juni 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: