TIPS AMAN MENGGUNAKAN ATM

Anjungan Tunai Mandiri atau yang dikenal dengan nama ATM, seringkali menjadi sasaran empuk bagi perampok. Namun, tahukah Anda dari manakah para pembobol ATM tersebut dapat melakukan pencurian uang, tanpa merusak box ATM?

Berdasarkan hasil penelitian Direktur Informatika, Bank Indonesia, yang mengungkapkan bahwa terdapat aksesoris tambahan yang digunakan oleh pembobol ATM untuk mencuri nomor PIN kartu ATM. Alat tersebut berbentuk seperti pita hitam dan bongkah lempengan, yang melekat pada tempat pemasukkan kartu ATM. Alat pita hitam tersebut ditempel oleh orang yang ingin mencuri uang melalui ATM konsumen, dan ditempel tanpa sepengetahuan bank yang bersangkutan.

Alat pita hitam tersebut selain dapat merekam nomor PIN dan nomor rahasia ATM, juga dapat mengakibatkan kartu ATM tidak bisa keluar lagi. Para pencuri PIN ATM tersebut akan memanfaatkan kartu ATM yang “nyangkut” di mesin ATM, dan secara leluasa dapat menduplikasi kartu ATM yang sama lengkap dengan data-data milik nasabah. Sementara lempengan di bawahnya biasanya dikenal dengan ”skimmer” juga dapat merekam semua data yang tertulis di balik garis-garis (blok) hitam, di bagian belakang kartu ATM.

Tidak hanya alat pita hitam dan lempengan, masih ada alat lain yang juga harus diwaspadai, seperti kamera wireless ataupun pembuka pintu ATM. Terutama kamera wireless, yang bisa dipasang di mana saja, dan biasanya bentuknya kecil sehingga kebanyakan pengguna ATM tidak menyadari bahwa ketika memasukkan nomor PIN , ada kamera yang merekam nomor PIN tersebut. Untuk mengantisipasi hal ini, pengguna ATM dapat menutupi dengan telapak tangan ketika memasukkan nomor PIN.

Sedangkan untuk pembuka pintu ATM, hal ini jarang terjadi di Indonesia, karena pada umumnya pintu box ATM tidak dikunci. Jika pun ada, pengguna ATM justru harus hati-hati karena pembuka tersebut pasti akan meminta pengguna ATM untuk memasukkan beberapa kode, termasuk kode PIN ATM. Alat tersebut sengaja digunakan oleh pebobol ATM untuk merekam kode PIN. Untuk itu, masyarakat yang menggunakan ATM agar menghindari proses tersebut atau bila perlu dapat mencari box ATM lainnya.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pengguna ATM di Indonesia.

Sumber dari: BeritaNet.Com

~ oleh panahanti86 pada 8 Juni 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: