Polri: Jangan Kompromi dengan Polisi Brengsek

“Awasi polisi di manapun, jangan kompromi dengan polisi yang brengsek itu.”

VIVAnews – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengatakan pelanggaran HAM di tahun 2009 banyak dilakukan oleh aparat penegak hukum, yang paling banyak adalah polisi.

Menanggapi hal itu, Kepala Kepolisian, Jenderal Bambang Hendarso Danuri mengatakan saat ini Polri sedang mereformasi diri. “Kami sedang melakukan perbaikan, tidak semudah membalik telapak tangan, itu berproses,” kata Bambang Hendarso usai salat ashar di Markas Besar Kepolisian, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Rabu 9 Desember 2009.

Sementara, Juru Bicara Polri, Inspektur Jenderal Nanan Soekarna mengatakan polisi paling banyak melanggar HAM karena korps baju coklat itu yang paling bersentuhan dengan masyarakat.

Namun, “di 10 tahun reformasi, polisi yang dipecat sampai 3000. Itu mereka yang melanggar HAM, kode etik, maupun pidana,” kata Nanan di Mabes Polri.

Polri, tegas Nanan, akan menindak tegas anggotanya yang melanggar. “Kode etik harus ditegakkan, bagi mereka yang melanggar akan kita dipecat, sekalipun itu resiko,” kata dia.

“Kalau nggak layak jadi polisi ya kita pecat,” tegas Nanan. Disadari, pendidikan di kepolisian tidak cukup untuk mengubah pola pikir anggota Polri.

“Harapan kita masyarakat ikut mendidik, kalau mereka mau jadi polisi, tapi nggak mau jadi pelayan masyarakat, jangan jadi polisi,” kata Nanan.

Sekarang, bukan saatnya Polri membela anggotanya yang salah. “Membela anggota yang salah sudah nggak ada lagi,” tegas Nanan.

Masyarakat pun harus tegas. “Awasi polisi di manapun, jangan kompromi dengan polisi yang brengsek itu,” kata Nanan.

“Awasi polisi di lapangan, pertama jangan melawan hukum, jangan kompromi dengan polisi yang brengsek,” tegas dia.

From : Vivanews.com

~ oleh panahanti86 pada 10 Desember 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: